jarak ideal antara sumur dengan septik tank

untuk membuat sumur bor maupun sumur gali kita harus memperatikan kaeberadaan saluran pembuangan di rumah anda. dengan jarak yang ideal maka akan meminimalisir terkontaminasinya sumur dengan saluran pembuangan.

jarak ideal antara sumur dengan septictank

jarak 10 meter antara sumur denagn septik tank tentunya sudah menjadi pengetahuan umum di kalangan masyarakat. alasannya sudah tentu untuk menghindari sumur terkontaminasi dengan air tangki septik tank yang mengandung bakteri potagen yang dapat mengganggu keseterilan air sumur anda. alasan demikian tentunya tidak salah. hanya saja, jarak sejau itu sulit di perole bagi masyarakat di perkotaan yang padat penduduk. jarak demikian mungkin bisa di peroleh, namun bagaimana dengan jarak sumur anda dengan septik tank tetangga.

munculnya standar jarak 10 meter antara sumur dengan septik tank bermula dari balteri E-coli potagen (bersifat anaerob) yang biasanya mempunyai usia hidup selama tiga hari. sedangkan untuk keceptan aliran air dalam tanah berkisar 3 meter perhari (rata-rata kecepatan aliran air dalam tanah di pulau jawa 3 meter per hari), sehingga standar jarak antara sumur drngan salursn pembuangan adalah sejauh 3 meter/hari x 3 hari = 9 meter. akan tetapi jarak tersebut di tambah menjadi 10 meter dengan asumsi bahwa 1 meter sebagai jarak pengaman. itulah sekilas kenapa jarak 10 meter di pilih sebagai jarak aman antara sumur dengan septik tank.

baca jugajenis-jenis casing pipa sumur bor

cara menentukan jarak ideal antara sumur dengan septictank

lalu bagaiman jika jaraknya kurang dari 10 meter? apabila anda ingin membuat septik tank, namun jarak yang anda miliki antara sumur dengan septik tank kurang dari 10 meter, anda tidak perlu kuatir. cari tahu terlebih dahulu arah aliran air dengan cara melihat sumur tetangga. cara melihatnya adalah dengan lanngkah-langkah sebagai berikut :

pertama, ketahuilah ukuran kedalaman sumur-sumur tetangga, cukup hanya 3 tiga rumah saja.
kedua, buat anda harus membuat gambar garis segitiga yang menghubungkan dari ketiga titik sumur tetangga anda tersebut diatas kertas.
ketiga, masing-masing titik sumur yang telah anda buat di beri notasi kedalamannya (perhitungannya adalah dengan melihat dari muka air hingga ke permukaan tanah)
dari gambar tersebut anda dapat melihat arah aliran air dengan cara melihat sumur yang paling dangkal. sumur yang paling dangkal menunjukan bahwa arah aliran air tanah menuju sumur tersebut. baca juga : kedalaman sumur bor

dengan menggunakan cara di atas dapat kita ketahui bahwa jarak sumur yang kurang dari 10 meter tidak menjadi masalah besar, asalkan kita dapat mengetahui arah aliran air dalam tanah. yang harus kita lakukan adalah dengan membuat letak tangki septik tank dimana arah air dalam tanah tidak mengarah ke dalam sumur anda, berarti anda harus menempatkan sumur di arah sebaliknya. lebih baiknya anda membuat sumur dengan arah aliran tanah dari sumur menuju septik tank.

di samping menentukan arah aliran tanah yang patut anda ketahui, pengetahuan terkait kecepatan aliran tanah tidak kalah pentingnya. walaupun kecepatan rata-rata air tanah 3 meter/hari, namun tidak menutup kemungkinan kecepatan tersebut berbeda di setiap wilayah. hal ini tergantung pada informasi batuan pada setiap daerah tersebut.
Ringkasnya, dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tidak semua daerah harus membuat tangki septic berjarak 10 meter dari sumur. Perlu diperhatikan arah aliran air tanah pada saat membuat tangki septic. Kecepatan aliran air tanah pada masing-masing daerah sangat berlainan, sehingga memunculkan jarak ideal yang berbeda-beda antara sumur dan septic tank. Hal itu sangat tergantung dari formasi batuan dan kondisi geografis pada masing-masing daerah tersebut.

Dengan demikian, angka 10 meter untuk jarak tangki septic dan sumur bukan harga mati. Hal lain yang juga harus perhatikan, juga penting bagi kesehatan bahwa sumber pencemaran air bukan sekadar jarak antara tangki septic dan sumur. Kebersihan dan sistem sanitasi lingkungan tak kalah dominan berpengaruh pada kesehatan. pastikan sumur anda terbebas dari berbagai pencemaran lingkungan agar anda dan keluarga sehat. demikian informasi yang dapat kami bagikan untuk pembaca. pastikan sumur anda terbebas dari berbagai macam pencemaran supaya anda dan keluarga terbebas dari berbagai macam penyakit dan selalu sehat, dan semoga sumur gali maupun sumur bor anda terbebas dari pencemaran.

1 Comments

Tinggalkan komentar